Arcom Media

LAUNCHING WAROENG BJB DAN KREDIT CINTA RAKYAT

In Perbankan on 01/09/2012 at 5:11 am

BANDUNG, ARCOM,-

     Direktur Utama Bank BJB Bien Subiantoro bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan jajaran Direksi Bank BJB meresmikan Waroeng  BJB sekaligus launching Kredit Cinta Rakyat (KCR), di pasar Kosambi Bandung, Senin, (9/1), turut hadir pula para pedagang pasar Kosambi, masyarakat sekitar dan para pelaku usaha mikro.

Dalam konferensi pers, Bien mengatakan bahwa inspirasi pendirian Waroeng BJB, bermula dari kunjungannya di bulan September  ke Bank BJB cabang Soreang dan pasar Soreang, setelah melihat dan mengamati, maka terbitlah ide untuk mendirikan Waroeng BJB, Bien mengatakan bahwa pasar di Jawa Barat ada lebih dari 600, maka Bank BJB ingin memberikan kontribusinya kepada masyarakat Jawa Barat, “Bank BJB rumahnya di Jawa Barat”, ujar Bien.

Menurut Bien, saat ini kredit konsumen mendominasi dan pertumbuhan yang paling besar dari domestik / usaha mikro, sedangkan portofolio Bank BJB saat ini adalah 3 triliun lebih, “Batas ekspansi adalah langit”, ungkap Bien.

Mengenai Waroeng BJB, Bien mengatakan bahwa untuk membuka outlet harus mendapat ijin dari Bank Indonesia, dan sebagai contoh Waroeng BJB di Cirebon telah resmi beroperasi karena telah mendapat ijin dari BI, “Komitmen Bank Indonesia sangat kuat untuk mendukung Waroeng BJB di pasar – pasar”, ungkap Bien.

Waroeng BJB sendiri menyediakan Kredit Usaha Rakyat, Kredit Cinta Rakyat, dan Kredit Mikro Utama, sedangkan logo Waroeng BJB  sudah resmi diluncurkan, dan untuk bunga kredit  Bien mengatakan bahwa Bank BJB berusaha bunganya lebih kecil dari bank lain.

Waroeng BJB diperkuat oleh 3000 tenaga pemasaran dan administrasi, bekerja sama dengan perusahaan penyedia outsourcing, “Tetapi untuk core system tidak boleh outsourcing” kata Bien.

Mengenai bunga KCR, Bien mengatakan bahwa bunga 9,3 %  merupakan start up, bila pembayaran kredit lancar, maka bunga otomatis turun, “Kemungkinan turun masih sangat besar”, ungkap Bien, selain itu Bank Indonesia mempunyai program Kredit Risk Premium yang berfungsi untuk menutup kredit macet.

Di akhir konferensi pers, Bien mengatakan bahwa di tahun 2012 Bank BJB akan menambah cabang sebanyak 200, dan untuk ATM, Bank BJB  akan membangun sebanyak 1000 ATM. (Bagoes Rinthoadi).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: